Saturday, January 30, 2010

Perjalanan


Semua orang melakukan perjalanan, bahkan sejak dilahirkan secara alamiah kita belajar berjalan, saya belajar berjalan, kamu belajar berjalan, mereka juga belajar berjalan, semuanya mengalami ini. Bahkan binatang; Sapi, kerbau, kuda begitu dilahirkan langsung belajar berjalan.

Perjalanan yang saya lakukan, kadang tidak selalu tahu kenapa harus dilakukan atau begitu saja dilakukan, beberapa jawabannya terletak ketika perjalanan terjadi, beberapa terjawab setela-nya, bahkan ada juga jawaban diperoleh sebelum-nya. Perjalanan secara fisik juga saya alami, bahkan dalam 6 tahun terakhir, di pekerjaan yang lalu hampir 80% isinya adalah perjalanan.

Saya pikir hanya saya yang memperoleh banyak maknanya, tapi ternyata tidak juga, semua yang terlibat dalam pekerjaan, baik itu sesama teman kerja atau orang-orang yang saya ajak berjalan memperoleh banyak makna. Jadi tahu seberapa saya sehat, seberapa cepat saya menyerah, setangguh apa saya, dan seberapa banyak saya mendapat makna tentang teman, tentang keteguhan hati atau tentang bagaimana merawat agar hati ini tetap teguh.

Tidak selalu senang, tidak selalu nikmat tapi kadang juga membosankan. Banyak juga yang menyerah, tidak mau melanjutkan perjalanan, protes, dan tidak suka dan memutuskan untuk berhenti. Sampai pada titik ini sebenarnya bukanlah menyerah atau menghentikan perjalanan, karena sejatinya perjalanan itu tetap terjadi, dan akan terus terjadi, tidak ada bedanya dimanapun atau kapanpun.

Jadi, sudah jadi ketetapan, paling tidak dalam hati saya, untuk saya, bahwa perjalanan itu adalah kehidupan itu sendiri, diri kita sendiri, diri saya sendiri.

Sabtu, 21 Oktober 2009

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails