Thursday, February 11, 2010

Avatar di Karratha

Avatar yang saya maksud adalah film Avatar yang dirilis bulan Desember 2009, garapan sutradara James Cameron si-kreatif itu. Dua jempol untuk James Cameron yang sabar menunggu perkembangan teknologi 3D maju beberapa langkah ke depan hingga film tersebut sesuai imajinasinya. Khusus untuk pencitraan kaum Na’vi, dan kehidupannya, serta segala flora-fauna-nya sungguh bikin saya beberapa kali bilang “hebat imaji si James (James Cameron) teh…, beginilah nih when science meet art”.

Keistimewaan film Avatar pasti sudah banyak dibahas di berbagai media. Sementara tulisan saya disini hanya ingin berbagi cerita saja bahwa ternyata nonton film bioskop di Karratha itu tidak bisa dilakukan setiap hari seperti di Jakarta atau tempat lain. Tempat saya nonton ini memang tepatnya bukan bioskop tapi teater. Habis memang studio bioskop ga ada di sini, dulu katanya sempet ada tapi bangkrut, ga tahu kenapa.

Walkington Theatre namanya, salah satu tempat orang-orang sini mendapatkan hiburan, entah pertunjukkan drama, opera, tari kontemporer atau tradisional, kursus teater, atau sekedar tempat menghabiskan waktu di perpustakaan yang cukup luas nyaman. Film Avatar sendiri diputar karena sedang liburan sekolah yang berakhir di minggu ini, jadi ya beruntunglah saya ada tontonan disela kerjaan yang super numpuk.

Film diputar jam 7.30 malem, saya berangkat dari rumah jam 7.00, biar santai, saya pikir. Jarak teater-rumah kurang lebih 2 km. Tapi rupanya baru sampai di parkiran..., parkiran sudah penuh, ehm... kayaknya bioskop juga udah penuh. Muter sekali cari-cari parkiran kosong..., dan ternyata tidak ada, akhirnya dapet parkiran yang agak jauh dikit. Begitu masuk loby teater ternyata sepi-sepi aja.... rupanya orang-orang sudah masuk semua. Amannya saya udah beli tiket 1 minggu sebelumnya jadi tetep tenang... Di pintu masuk, yang dijaga ibu-ibu sudah berumur, saya tanya tempat duduk, trus dijawab ini open sitting, bebas... waduh... bener saja tempat yang tersisa hanya ada di barisan paling depan, paling kiri dan paling kanan.

Akhirnya saya duduk di barisan paling kiri, terus... tengak-tengok bawah (depan) dan belakang (atas) sambil gumam: “ternyata banyak juga orang di Karratha kalo dikumpulin hahahhahaha....”. Iya Karratha memang sepi, luasnya kira-kira 15.197 km2 atau kurang lebih setengah luas dari Jawa Tengah, tapi hanya dihuni oleh 11.728 orang, yang tersebar ke beberapa wilayah kecil (suburb). Bandingkan dengan Jakarta dengan luas 661,52 km2 yang dihuni oleh kurang lebih 7,5 juta.

Pikiran saya malah maen-maen dengan hitungan di atas dan ini; kursi teater ada 434, jadi sekitar 3,7% warga Karratha malem ini kumpul bersama, nonton Avatar bersama heheheheh..... Kebayang kalo yang 3,7% ini diambil dari jumlah penduduk Jakarta...., pasti bukan banyak lagi.... tapi uakehhhh tenan... Tapi segini juga bagi saya udah cukup rame..., cukup terhibur, cukup seneng, cukup antusias menunggu detik-detik pemutaran film. Maka sambil nunggu jam 7 tepat saya ngobrol dengan temen sebelah.... pake bahasa Indonesia...., karena dengan orang Indonesia.... Isi obrolan itu ya berkisar pada:

  1. Aneh ya yang nonton kok pada pake kaos aja... yang mba-mba pake kaos buntung..., sementara kita jaketan... hahahah... dari pada kedinginan, film Avatar kan 3 jam, biarin lah....
  2. Gila... orang Karratha kota ngumpul semua disini, pasti di rumah-nya pada kosong hahahahahha....., kurang hiburan sih...
  3. Kasian orang-orang sini kurang hiburan (padahal saya juga heheheheh....)
  4. Temen saya bilang...., mudah-mudahan ada yang cakep duduk di sebelahku hahahha.... hampir ada tapi gak jadi...

Kemudian di tengah-tengah obrolan dengan topik tersebut di atas..., tiba-tiba dalam waktu sepersekian detik di saat saya lengah... temen sebelah saya ini ngobrol sama salah satu penonton di depannya persis... trus saya coba dengerin ternyata dia ngomong bahasa Indonesia.... cilaka...., trus saya tanya ngomong apa dia? katanya: ”Selamat Malam”, hahaha.... berarti dari tadi....????

Ya sudah akhirnya kami ngobrol beberapa menit sambil menunggu film diputar... dia bilang 20 tahun lalu sering maen ke Indonesia, Sumatra, Bali, Sulawesi, dimana disela obrolan itu kedua anaknya menimpali obrolan dan melihat kami. Obrolan yang singkat tapi menyenangkan, ternyata ada yang mengenal kami, barudak Indonesia. Kenikmatan antusiasme nonton bertambah sudah dengan adanya obrolan tadi, saya jadi senyum dalam hati, mungkin dia dari tadi dengerin, tapi biarinlah... hahahhahaha...., film sudah dimulai. Semua diam.

Karratha, 6-2-10
Western Australia

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails